:::: MENU ::::

Jumat, 21 Agustus 2015

Ditulis oleh Al-ustadz Abul Hasan Al Wonogiry hafidzahullah

IKHWATY FILLAH...
Dalam kehidupan anak manusia di Alam dunia ini tidak terpisahkan dari perkara yang satu ini , dalam pergaulan sehari-hari bersama keluarga , sahabat maupun masyarakat umum.
Perkara yang jika tepat dan akurat penggunaannya akan semakin melekatkan sebuah hubungan dan menguatkan tali persaudaraan antar manusia, antara suami istri, anak dan orang tua, sanak saudara dan hubungan antar masyarakat.

Namun perlu diketahui bersama bahwa tidaklah suatu perkara melainkan harus ditempatkan sesuai kadarnya , tidak boleh berlebih-lebihan sehingga menjadikan rusak, tidak pula kurang sehingga kurang sempurna .
Garam, ya... garam!  anda tentu tau semua bumbu dapur yang satu ini tidaklah ada makanan dengan bumbu lengkap tetek bengeknya jika tidak ada garam pastinya akan hambar dan tidak nikmat, demikian pula sebaliknya jika garam terlalu banyak dimasukkan maka akan merusak segalanya, menjadi sebab hilangnya kesedapan bumbu masak yang lainnya .

Bercanda dalam kehidupan manusia bak garam dalam masakan, terasa membahagiakan jika cukup dan sesuai namun terasa menyebalkan dan menjengkelkan jika keterlaluan. Dua orang yang saling bersahabat terpisah karenanya, dua orang yang berkawan menjadi lawan karenanya pula.

Maka dalam uraian kalimat yang ringkas ini mudah-mudahan menjadi bekal kita, terutama penulis untuk menjalani kehidupan berkeluarga, bersahabat dan bermasyarakatnya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik Rodhiyallohu 'Anhu disepakati oleh Shohibus Shohihihain beliau berkata :

" Dahulu Nabi memiliki seorang budak yang bernama Anjasah dan dia memiliki suara yang bagus maka Nabi solallohu 'alaihi wasalaam berkata padanya : " Wahai Anjasah pelan-pelanlah , jangan kau pecahkan botol-botol itu."
Berkata Qotadah Rodhiyallohu 'anhu : " yaitu para wanita yang lemah "

Bersambung Insya Allah

WA TIC
(Tholibul Ilmi Cikarang)

0 komentar:

Posting Komentar

berkata baik, atau diam

Apik Elek Bloge Dewek